UAS (Ujian ke Akhirat Sementara)





Iyak udah berapa bulan gw gak nulis blog lagi. Malah tiba - tiba dateng ngomongin UAS.
Gila baru denger kata UAS aja udah bisa bayangin, peristiwa apa aja yang bakal terjadi.


Hasil gambar untuk ujian

Pada saat UAS tuh bakal banyak temen yang butuh ke dokter THT, tatapan pengawas ke murid yang udah kayak lagi nonton 3gp gak bakal kedip - kedip, ada aja temen yang udah minta jawaban tapi lebih nyolot, dosa makin nambah gara - gara kebanyakan nyontek, mata harus lebih jeli pas liat contekan yang tulisannya lebih kecil dari pintu masuk ke hati do'i, dan semacamnya lah.

Hasil gambar untuk fuck meme version


Di sekolah gw sekarang ini sih UAS nya dibagi jadi 2 waktu yang bisa dipilih, antara siang atau malem. Kenapa?
Soalnya ada yang PKL. Pagi sampe sore PKL malem ujian, mana waktu free nya....... Yah bisa - bisa do'i diembat sama anak dari sekolah lain.
Sekarang ini gw juga masih ujian sampil PKL, yah liat aja. Bukannya belajar or sibuk PKL, gw malah ngeblog. Gw sempet - sempetin ngetik blog ini, sebenernya sempet aja sih di rumah. Tapi biasa kalo di rumah tau lah. Harus nemenin nyokap nonton drama.
Gw juga sadar kalo blog gw gak bakal bisa berkembang kalo cuman di diemin doang.

Balik lagi ke UAS
Kenapa gw sebut UAS itu Ujian ke Akhirat Sementara ?
Karena menurut gw pada saat UAS itu lu biasanya bukan jadi diri lu sendiri. Kayak bakal ada diri lu dari "alam akhirat/alam lain" yang bertukar tempat sama lu yang di dunia nyata. Pas UAS biasanya lu bakal lebih rajin belajar bagi orang yang rajin, orang yang tadinya gak pernah nyontek jadi bakal agresif buat nyontek pas ujian, ada orang yang sampe rela bunuh diri karena takut nilai ujian nya gak memuaskan, ada yang kabur dari rumah karena takut dimarahi karena nilai yang jelek, ada yang sampe bayar calo buat kasih jawaban "akurat" padahal mungkin aja itu jawaban ngasal dari si calo, ada juga yang ke dukun buat disembur air jigong biar lebih lancar ujiannya dan juga ada yang produksi cup tea di kemasan botol.
See.. itu hampir bukan diri sendiri yang ada di dunia ini. Kayak ada roh bawah sadar lu yang masuk ke lu. Tapi pada saat harus neriman konsekuensi nya, roh mereka tukeran tempat lagi sama roh lu yang "nyata". Dan lu bakal merasa "hah gw kok bisa gitu ya?" atau "Emang gw salah kalo begitu ?"
Konsekuensi nya itu mungkin ada yang rate kecil kayak ditegur guru sampe yang rate nya besar kayak mati atau kehlangan teman serta orang tua.
Tapi jujur sih, ktia semua ngelewatin UAS ini cuman biar dapet beberapa lembar kertas kayak ijazah, sertifikat, skhun, dll cuman biar kita dianggap "mampu" untuk masuk ke dunia kerja yang dimana kita bakal ngelewatin hal sulit lagi.

Yah menurut gw sih, kita harus bisa kontrol diri. Jangan sampe roh bawah sadar kita menguasai diri kita yang sebenernya.
Dan juga jangan sering kemakan atau terpengaruh sama omongan yang menurut gw kurang pas ya kayak "Nikmatin masa muda, nakal dulu baru sukses" .
Mungkin bagi sebagian anak dari orang mampu hal itu biasa aja. Tapi pernah gak sih lu bayangin, kalo misalnya lu nakal sekarang, apa ada hal dari nakal tersebut yang bisa bikin lu sukses?
Kalo menurut gw pernyataan yang tepat tuh mungkin kayak gini "Nikamatin masa muda pake hal yang produktif, nakal emang wajar tapi harus bisa dihilangin".

Buat yang lagi UAS semangat, biar bisa keluar dari masa itu. Sesusah apapun UAS, hati do'i masih lebih susah ditebak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resensi Novel Never be The Same

Kasus Pembunuhan

Ulangan Matematika Itu Mitos